Fantastis! Kambing Pygmy Mini Seharga Puluhan Juta - Sukoharjo Jawa Tengah

Kambing Pygmy dapat digambarkan sebagai jenis kambing yang berbeda dari kambing ternak pada umumnya. Perbedaan antara kambing kerdil terlihat jelas dari segi ukuran, atribut, dan manfaatnya bagi peternak.

 

Kata "pygmy" dalam bahasa Inggris berarti kerdil dan digunakan untuk merujuk pada berbagai kelompok etnis di seluruh dunia yang rata-rata ukuran tubuhnya sangat kecil (Pygmies). Oleh karena itu, kambing kerdil juga diberi nama berdasarkan ukuran tubuhnya yang relatif kecil dibandingkan dengan kambing lainnya.

 

Karena ukurannya yang menggemaskan dan tampilannya yang alami, kambing mini ini lebih sering dijadikan sebagai kambing hias ketimbang sebagai sumber pakan hewani (susu bahkan daging). Untuk bayi kambing kerdil kisaran harganya antara 25 sampai 25 juta. Harga kambing hias tergolong mahal dibandingkan dengan kambing hias lainnya. Apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang kambing kerdil? Cari tahu lebih banyak tentang sejarahnya, asal-usul ciri-cirinya, ciri-cirinya, cara merawatnya, serta harga kambing kerdil di sini!

 

Asal Usul Kambing Pygmy

 

Kambing kerdil adalah kambing mini yang berasal dari Afrika khususnya, di wilayah Lembah Kamerun. Mereka dibiakkan untuk kambing pedaging dan perah karena potensi pengembangbiakannya yang produktif dan ketahanannya terhadap berbagai penyakit dan parasit.

 

Pada abad ke-19 ketika Inggris memperkenalkan kambing kerdil ke wilayah Eropa, ia menjadi hewan eksotis yang dipelihara di kebun binatang di sekitar Jerman dan Swedia. Akhir 1950-an kambing kerdil dikirim ke Amerika. Amerika Serikat dan diperdagangkan untuk lembaga penelitian, kebun binatang serta individu. Belakangan, kambing mini ini pun populer sebagai hewan peliharaan dan pertunjukan.

 

Ciri-Ciri Kambing Pygmy

 

Dalam istilah yang lebih sederhana adalah mungkin untuk menggambarkan kambing Pygmy sebagai sejenis kambing yang bertubuh kecil dan tampak bertubuh kekar. Kepala dan kakinya pendek, dahi besar dan telinga lurus. Ia memiliki telinga di setiap sisi dan leher. berhidung pipih dan moncong yang membulat. Ketinggian kambing kerdil dewasa adalah 41-60cm. Kambing kerdil jantan memiliki berat antara 27 dan 39 kg. Betina memiliki berat badan antara 24-34 kg.

 

Ukuran ini termasuk dalam kategori mini atau kecil dibandingkan dengan jenis kambing Boer yang memiliki tinggi yang sama yaitu 78 cm dan berat badan antara 94 sampai 114 kg dibandingkan dengan kambing Saanen yang lebih tinggi dari 80-90 sentimeter dengan berat badan minimal sekitar 60 kg.

 

Dari warna bulunya, kambing kerdil memiliki banyak corak dan warna. Mulai dari warna hitam, warna karamel muda, hingga coklat karamel tua, abu-abu, bercampur, dengan corak di punggung, muka atau perut.

 

Panjang bulu kambing kerdil tergantung cuaca dan jenis kelamin. Kambing jantan memiliki janggut dan surai yang lebih tebal yang menutupi bahunya serta tanduk yang lebih besar. Berbeda dengan kambing betina yang tidak berjanggut, jarang, atau bertanduk lebih kecil.

 

Dimensi dan penampilan yang cantik Sifat kambing kerdil yang lembut, ramah dan aktif menjadikannya hewan peliharaan yang luar biasa untuk segala usia dari bayi hingga manula. Kambing menggemaskan ini cerdas dan bisa dilatih seperti hewan peliharaan lainnya. Sementara masyarakat global lebih suka memandang kambing mini sebagai kambing hias, di negara asalnya, Afrika mereka dibiakkan sebagai sumber makanan hewani.

 

Daging kambing dapat dikonsumsi seperti daging kambing lainnya. Produksi susu mereka juga banyak dicari karena rasanya yang manis, dan tinggi kalsium, mineral potasium dan fosfor. Ini adalah produk yang jauh lebih unggul dari susu kambing perah. Kambing kerdil akan menghasilkan sekitar 1-2 liter susu setiap hari selama lebih dari 180 hari.

 

Masa hidup kambing mini adalah selama 15 tahun. Penting bagi peternak atau pemelihara kambing Pygmy untuk memiliki komitmen waktu yang panjang untuk merawatnya.

 

Bagaimana Cara Merawat Kambing Pygmy?

 

Menurut peternak kambing kerdil tips cara memelihara kambing jenis ini terbilang sederhana dan tidak memerlukan teknik khusus. Berikut enam hal yang harus diperhatikan saat merawat kambing kerdil kesayangan Anda.

 

1. Makanan

Seperti makanan kambing, hewan kerdil kerdil dapat mengkonsumsi daun segar, cabang, ranting dan rumput. Mereka juga diperbolehkan makan buah dan sayuran sebagai suguhan, makanan manis tidak dianjurkan untuk kambing yang rentan terhadap obesitas.

 

Selain itu, pakan pabrik ditawarkan dengan kandungan nutrisi yang telah disesuaikan dengan kambing kerdil untuk memudahkan peternak. Salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah air. Air selalu dibutuhkan.

 

2. Penanganan

Meskipun kambing kerdil suka disentuh oleh manusia, sangat penting untuk menjaga interaksi fisik rutin dengan kambing muda Anda dari ras kerdil. Rutinitas ini diperlukan agar kambing Anda berkembang dan terbiasa berada di hadapan atau disentuh oleh manusia.

 

3. Kebersihan

kambing pygmy tidak perlu dimandikan secara teratur atau mengikuti jadwal mandi yang teratur. Cukup cuci kambing menggunakan kuas atau rendam dalam air jika terlihat ada debu di badan. Ini juga penting o potong kuku setiap 2-6 minggu jika jari-jari kakinya terlihat melengkung keluar.

 

Penting untuk memperhatikan kebersihan dan keamanan kandang setiap harinya. Jangan sampai ada bagian kandang yang rusak dan dapat menyebabkan luka pada tubuh kambing. Jika Anda menggunakan pembalut, pembalut perlu diganti setiap minggu atau saat basah.

 

4. Rumah untuk para tunawisma atau kandang

Jika kambing dipelihara di luar ruangan, pastikan kandang terbuat dari material kokoh yang dapat melindungi kambing dari unsur angin atau hujan. Sebaiknya juga tidak terlalu tertutup sehingga menyebabkan ruangan menjadi panas atau lembab.

 

Jika Anda memeliharanya di dalam ruangan, pastikan menyediakan kandang yang cukup luas atau alternatif lain adalah pagar yang cukup tinggi agar kambing tidak kabur. Sebagai bahan dasar, Anda bisa memanfaatkan jerami, wood pellet, atau serutan kayu yang nyaman untuk kambing dan mampu menyerap kelembapan. Sangat penting untuk memperhatikan kebutuhan kambing kerdil agar tetap kering.

 

5. Olahraga

Penting bagi kambing Pygmy untuk menjadi kambing yang energik. Jadi, penting bagi mereka, terutama yang masih kecil agar mereka bisa bermain dan berolahraga sesuka mereka. Pastikan Anda memiliki area yang luas untuk mereka berlari atau tempatkan mereka di tempat di mana mereka dapat melompat atau memanjat.

 

6. Sosialisasi

Sebagai manusia, kambing mini ini juga memiliki aspek sosial. Mereka sangat menikmati hidup bersama dalam kelompok dan berinteraksi dengan manusia. Jika Anda memiliki kambing kerdil, lakukan sosialisasi harian atau bersama mereka untuk membangun kepercayaan dengan cepat. Karena mereka adalah makhluk sosial, disarankan untuk memelihara satu pasangan.

 

Harga Kambing Pygmy Mulai 25 Jutaan

 

Sejak abad ke-19 di Eropa, keindahan dan keunikan domba kerdil telah dipuja oleh berbagai kalangan. Itulah mengapa kambing mini ini jauh lebih banyak digunakan sebagai kambing hias dibandingkan kambing perah atau pedaging.

 

Keunikan kambing kerdil dari segi ukuran dan penampilannya memungkinkan untuk mengikuti lomba kambing hias. Faktor yang biasanya mempengaruhi harga kambing hias adalah tinggi badan serta bentuk telinga, mulut, tanduk dan sebagainya. Faktor lain yang mempengaruhi harga kambing hias adalah warna bulunya. Semakin sering seekor kambing memenangkan suatu perlombaan, maka harga jualnya akan semakin besar.

 

Seorang peternak kambing kerdil di Bantul, Yogyakarta, mengaku harga kambing berumur 3 bulan bisa mencapai 25 juta, dan tidak ada perbedaan harga kambing kerdil jantan atau betina. Sisi positifnya, antusiasme masyarakat Indonesia terhadap kambing kerdil tumbuh pesat selama pandemi hingga tiga kali lipat. Sama kecilnya, perbedaan antara Kambing Pygmy dan Kacang Tanah

 

Jangan bingung antara kambing kerdil dan kambing Kacang. Meski sama-sama berukuran mungil, dengan bobot rata-rata 25-30kg, namun sumber dan sifat kedua jenis kambing ini tidak sama. Kambing kerdil merupakan hasil indukan dari Afrika yang dikenal dengan Kamerun Dwarf Goat (Kambing Kerdil Kamerun), sedangkan kambing Kacang merupakan produk peternak lokal Indonesia.

 

Kambing kerdil adalah kambing hias karena penampilannya yang lucu. Berbeda dengan kambing kacang tanah yang dijadikan sebagai sumber makanan hewani. Produksi kacang tanah merupakan peran penting dalam kesejahteraan finansial petani skala kecil.

 

Ada beberapa ciri fisik yang membedakan kedua jenis kambing ini. Kambing kerdil memiliki tubuh yang lebih besar dengan bentuk yang lebih tegas, telinga yang berdiri tegak, dan pial, yaitu daging yang menggantung di sisi lehernya. Jika kambingnya kacang tanah, tubuhnya lebih ramping dan telinganya menjuntai, serta tidak memiliki pial.

 

Lalu, ada perbedaan besar dalam biaya. Anakan kambing kerdil usia tiga bulan dihargai 25 juta, sedangkan anakan kambing kacang sejenis rentang usia dihargai 1 juta.

 

Keuntungan Beternak Kambing Pygmy

 

Peternak kambing kerdil di Indonesia belum banyak ditemui. Biaya yang cukup tinggi membuat para peternak lebih memilih membudidayakan kambing jenis lain. Namun bagi anda yang memiliki modal lebih bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menyaingi beberapa peternak kambing kerdil lokal.

 

Bukti nyata keberhasilan peternak kambing kerdil dapat dilihat pada contoh Dwi Susanto, pemilik Prayitno Farm di Yogyakarta yang mengaku kewalahan dengan permintaan kambing kerdil dari berbagai kota di Indonesia karena jumlahnya yang sedikit. peternak kambing mini.

 

Mengembangbiakkan kambing kerdil tidak perlu menunggu musim tertentu. Mereka dapat memulai musim kawin kapan saja dari usia empat hingga lima bulan, terkadang dalam dua bulan pertama. Namun, lebih baik menunggu kambing betina mencapai 12-18 bulan sebelum dikawinkan. Kambing kerdil betina

 

Sang ibu dapat melahirkan satu hingga empat bayi perempuan setiap 9-12 bulan. Manfaat lain dari kambing Pygmy adalah kecantikan fisiknya, oleh karena itu patut dipertimbangkan sebagai kambing hias. Jika kambing kerdil Anda memenangkan kontes kambing hias, harga kambing kerdil Anda bisa lebih mahal.

 

Di luar Kambing kerdil bisnis juga dapat menjadi hewan peliharaan alternatif yang baik. Sifat mereka yang jinak, baik hati, dan aktif dapat menjadi pendamping yang sangat baik bagi anak-anak serta cara yang bagus untuk menghibur orang dewasa. Selain itu, merawat kambing mini ini mudah dengan menggunakan lahan yang lebih sedikit dibandingkan kambing pada umumnya dan pakan harian yang segar dan segar tersedia di mana-mana.

Comments

Popular posts from this blog

Ucapan terima kasih untuk orang tua murid

Update Macet Juwana Hari Ini, Pengendara dari Cilacap ke Pati, Berikut Jalan Alternatifnya